Jumat, 13 April 2018

5 Cara Pencegahan Kanker Serviks Yang Perlu Anda Lakukan

Inilah 5 Cara Pencegahan Kanker Serviks


Penyakit kanker serviks merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita. Pasalnya, penyakit tersebut merupakan penyebab nomor 1 kematian wanita di indonesia.

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit kanker serviks ialah kondisi dimana jaringan sel kanker yang tumbuh dan berkembang secara tidak terkontrol di daerah leher rahim.

Kebanyakan kasus kanker serviks diakibatkan oleh infeksi virus Human Papiloma Virus (HPV). Infeksi virus tersebut dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Gaya hidup tidak sehat juga dapat memicu timbulnya penyakit kanker serviks.

5 Cara Pencegahan Kanker Serviks Yang Perlu Anda Lakukan

Kondisi kanker serviks biasanya terdeteksi pada stadium lanjut. Hal tersebut dikarenakan pada stadium awal tidak menunjukan gejala yang signifikan. Sementara itu, jika penyakit kanker serviks terdeteksi lebih awal maka peluang untuk sembuh sangat besar.

Oleh sebab itu, lebih baik mencegah dari pada mengobati itu memang benar adanya. Terlebih jika Anda sudah terdiagnosa penyakit kanker serviks yang sulit untuk disembuhkan.

Bagi Anda yang tidak terdiagnosa penyakit kanker serviks perlu mewaspadai, karena infeksi virus dapat menyerang kapan saja.

Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati terhadap penyakit berbahaya tersebut. Untuk meminimalisir agar terhindar dari penyakit kanker serviks Anda dapat menerapkan cara pencegahan kanker serviks.

Dan Berikut Cara Pencegahan Kanker Serviks


1. Menjaga Kebersihan Vagina

Agar penyakit kanker serviks tidak terjadi pada Anda, perlu menjaga kebersihan organ intim kewanitaan terutama saat sedang menstruasi atau keputihan. Dengan menjaga kebersihan vagina Anda, infeksi virus tersebut tidak akan menghampiri organ kewanitaan Anda.

2. Melakukan pemeriksaan pap smear secara berkala

5 Cara Pencegahan Kanker Serviks Yang Perlu Anda Lakukan

Melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin setiap 3 tahun sekali dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker serviks. Oleh karena itu, Anda jangan pernah ragu untuk melakukan pap smear.

3.Mendapatkan vaksinasi HPV

Melakukan vaksinasi HPV sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker serviks. Meski vaksin HPV dapat mengurangi resiko terkena kanker serviks namun tidak menjamin seseorang terlindungi sepenuhnya dari penyakit kanker serviks. Jalankan pola hidup sehat untuk mencegah munculnya penyakit mematikan tersebut.

4. Melakukan seks yang aman

Pada kebanyakan kasus, penyakit kanker serviks disebabkan karena terinfeksi virus HPV. Penyebaran virus tersebut terjadi melalui hubungan seksual yang tidak aman. 

Maka jika Anda aktif secara seksual gunakan pengaman untuk mengurangi resiko tertularnya infeksi virus HPV. Perlu digaris bawahi, resiko tertular HPV meningkat apabila sering bergonta-ganti pasangan.

5. Tidak merokok

5 Cara Pencegahan Kanker Serviks Yang Perlu Anda Lakukan

Untuk terhindar dari penyakit kanker serviks Anda dapat menerapkan pola hidup sehat dengan tidak merokok. Racun rokok bersifat oksidatif sehingga dapat memicu sel kanker muncul dan bertambah ganas. Oleh sebab itu, Anda yang ingin terhindar dari penyakit kanker serviks diwajibkan untuk menjauhi rokok dan konsumsi alkohol.

Itulah cara pencegahan kanker serviks yang wajib Anda lakukan, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat berguna bagi Anda dan Anda pun terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

Terima Kasih Telah Menyimak Artikel Sederhana Kami Sampai Tuntas, Semoga Bermanfaat😊 


0 komentar:

Posting Komentar